Gk7qp1DNYQGDurixnE7FWT3LyBvSK3asrvqSm057
Bookmark

Untuk Pejuang Kursi PTN, Berikut Passing Grade Nilai Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Terbaru dan Terupdate

Passing Grade Untuk Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Terbaru

Calon Guru berbagi catatan Untuk Pejuang Kursi PTN, Berikut Passing Grade Nilai Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Terbaru dan Terupdate. "Pak kenapa saya tidak lulus masuk universitas negeri?, padahal banyak soal yang saya kerjakan benar dan dikurangi banyak soal yang salah sudah melewati passing grade yang diberikan oleh bimbingan tempat saya belajar".

Pertanyaan seperti yang di atas sudah sangat sering saya terima dari siswa-siswa di sekolah tempat saya mengajar atau dari siswa les privat. Apabila pertanyaan diatas ditanyakan siswa kepada saya, jawabannya sederhana saja, "Tidak ada passing grade untuk masuk PTN"


Kenapa jawabannya demikian, logika berpikirnya sederhana saja.

Contoh:
Pada tahun 2008, Universitas Matematika menerima jurusan Statistika 40 orang, ini yang disebut dengan Daya Tampung 40 Orang. Pada saat ujian yang mendaftar sebanyak 4000 orang dari seluruh Indonesia.

Setelah Ujian selesai kemudian diurutkan dari nilai yang tertinggi sampai nilai yang terendah, dan yang berhasil lulus atau masuk Universitas Matematika Jurusan Statistika adalah 40 orang yang nilainya tertinggi.

Dengan kata lain peserta yang nilai urutan 1 sampai urutan 40 adalah peserta yang lulus.


Jadi tidak ada passing grade untuk masuk universitas negeri. Jika ada bimbingan belajar yang memberikan passing grade untuk masuk universitas negeri, saya rasa itu hanya target minimal dan apabila kita sampai pada target minimal tersebut, belum ada jaminan kita lulus juga berlaku sebaliknya.


Target minimal yang diberikan bimbingan belajar itu sangat diperlukan, biar kita mempunyai target/tujuan berapa soal yang harus kita jawab benar (kalau bisa sich semua). Karena dengan mempunyai target, tujuan kita yang harus capai sudah ada dan ini langkah pertama yang sangat bagus. Sama halnya dengan hidup, tujuannya adalah menciptakan Hidup yang Hidup.

Untuk lulus SBMPTN sebenarnya cukup satu strategi yaitu "Kita harus bisa mengerjakan soal yang bisa dikerjakan oleh teman kita dan ada soal yang bisa kita kerjakan tetapi teman kita tidak bisa mengerjakannya"


Catatan!
Untuk tahun ini 2021, Ujian Masuk PTN itu sudah mengunakan soal TPS, silahkan disimak soal-soal TPS yang sudah diujikan pada UTBK SBMPTN pada 100+ Soal dan Pembahasan TPS Penalaran dan Kemampuan Kuantitatif UTBK SBMPTN dan silahkan dilihat Top 500 Nilai Minimal UTBK yang Diterima Prodi Kelompok Saintek dan Soshum Pada SBMPTN 2019.

Sebagai penutup dan catatan, apa yang kita lakukan setiap hari adalah belajar, berlatih dan berusaha memberikan yang terbaik untuk diri kita sendiri, lingkungan, dan pencipta kita. Jika usaha yang kita lakukan pada saatnya nanti membuahkan hasil (mislanya kita masuk PTN yang kita inginkan) itu hanya karena sudah mendapat izin dari Tuhan.

Catatan tentang Untuk Pejuang Kursi PTN, Berikut Passing Grade Nilai Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Terbaru dan Terupdate di atas agar lebih baik lagi perlu catatan tambahan dari Anda. Untuk catatan tambahan atau hal lain yang perlu diketahui admin, silahkan disampaikan dan contact admin 🙏 CMIIW.

JADIKAN HARI INI LUAR BIASA!
Ayo Share (Berbagi) Satu Hal Baik.
Jika engkau tidak sanggup menahan lelahnya belajar, Maka engkau harus menanggung pahitnya kebodohan.

Video pilihan khusus untuk Anda 💗 Belajar Mengenal dan Memahami Soal TPS (Tes Potensi Skolastik) UTBK SBMPTN 2019;